Jumat, 29 Januari 2010

Pentingnya komunikasi dalam Eko-Industrial Park


Keberhasilan suatu program tidak akan terlepas dari bagimana jalinan komunikasi antar para pelaku yang terlibat di dalam implementasi program tersebut. KOmunikasi yang baik akan mendorong ke saling pengertian dan rasa kebersamaan yang kuat akan pelakunya , atau dengan kata lain dengan komunikasi yang baik dapat mempekuat kedekatan emosional yang baik pula antar pelaku tersebut.
Permasalahan terbesar dalam satu komunikasi adalah adanya suatu missing link dari informasi yang diberikan antara “masalah” dan “solusin”-nya. Suatu ekspektasi yang sangant sulit untuk bisa membuat suatu perkataan bisa menjadi suatu yang bisa dilakukan (“said-done” problem)
Dalam hal ini, hokum leibig dapat diterapkan: bahwa hasil yang baik tergantung pada nutrisi yang kita berikan(cahaya,air dan pupuk, dan lain-lain) yang mungkin tersediah secara terbatas. Denagn kata lain, jika diambil perumpamaan terhadap sebuah bunga, maka jika bunga tersebut tidak memperoleh cahaya matahari ang cukup walaupun kita siram sebanyak ang bisa kita lakukan, maka dia tidak akan tumbuh juga. Begitu juga halnya dalam menjalin dan mengembangkan suatu komonikasi dalam komuitas. Hukumini pulaakan berlaku dalam usaha menangun komunikasi dan juga membangun suatu wilayah, meskipun sudah banyak membangun strategi- strategi komunikasi yang canggih dicoba untuk memecahkannya, tetapi jika sumber daya ekonomi, sosial organisasi dalam posisi tawar-menawa politiknya sangat minim, maka tetap saja tidak bisa tercapai komonikasi yang baik.
Jadi, pada intinya membangun komunikasi tidak dapat dilihat secara sepotong-sepotong saja dari suatu masalh tersebut. Tetapi suatu komonikasi itu sangat terkait dala banyak aspek, baik itu tingkat ekonomi, sosial maupun tingakat pendidikan dari komonitas tersebut. Sebagai contoh, seorang wanita peani menjual sayuran hasil kebunnya dipasar dibawah selogan berbunyi: “memakan banyak sayur sangat bermanfaat dengan kesehatn kita”.Walaupun wanita tersebut tahu dan memahami arti slogan tersebut tetap saja dia tidak mengomsumsi sayur hasil panennya sendiri. Baginya, uang hasilpenjualan sayurnya lebih penting karena dia harus membayar keperluan sekolah anaknya, misalnya.
Semua orang sangat memahami bahwa informasi merpakan dasar yang menunjukan pakah suatu pendidikan dan komunikasi tersebut efektif atau tidak. Informasi yang baik akan membantu dalam memecahkan berbagai masalah. Namun demikian, informasi pada umumnya bersifat pasif, dan sangat bergantung pada orang sebagai pelakunya, apakah melakukannya atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

adbrite