Selasa, 12 Agustus 2008

Fungsi tanaman/Pohon

Apakah benar dengan menanam pohon iklim dapat diselamatkan??? begitu pertanyaan sederhana yang pernah diutarakan abang becak langganan anakku beberapa bulan lalu waktu diadakan konfrensi tentang global warming di Bali. Barangkali abang becak mendengar berita di TV tentang acara itu. Emang sich abang becak langganan anakku ini orangnya lumayan up to date soal berita yang lagi marak di TV.

Dengan bahasa sederhana saya menjelaskan ke abang becak itu bahwa kenapa pohon berhubungan dengan iklim. Yang paling umum/biasa kita rasakan adalah saat matahari bersinar terik yang tentunya akan menimbulkan suhu yang cukup panas. Nah orang-orang yang berada di luar bangunan tentunya akan merasa terganggu dengan keadaan ini. Untuk mendapatkan suasana nyaman maka tentunya yang di cari adalah pohon yang rindang untuk digunakan sebagai tempat berteduh. inilah contoh sederhana bahwa dengan pohon iklim dapat diselamatkan, khususnya untuk perbaikan iklim mikro.

Selain untuk perbaikan iklim mikro diatas, dengan keberadaan tanaman hijau fungsi lain yang dapat diperoleh adalah perbaikan kualitas udara. beberapa tanaman memiliki kemampuan untuk membersihkan udara sekitarnya, baik melalui mekanisme fisiologis ataupun aktifitas morfologis tanaman tersebut. Secara sederhana diketahui bahwa tanaman mampu melakukan aktifitas fotosintestis yang memanfaatkan gas CO2.
CO2 + H2O -----> C6H12O6 + O2 + Energi

Semakin banyak CO2 yang tertangkap maka CO akan semakin sedikit jumlahnya di atmosfer (2CO + O2 ----> CO2+ O2). sebagaimana diketahui bahwa CO merupakan kelompok GRK (Gas Rumah Kaca)

Selain dua fungsi di atas masih ada beberapa fungsi pohon :

  1. Penyerapan air , untuk mencegah banjir
  2. Penyimpanan air, untuk cadangan air sehingga tidak kekeringan di musim kemarau
  3. Pengikat tanah sehingga Erosi tidak terjadi
  4. Secara estetika, tanaman/pohon dapat memperindah bentang alam
  5. Sumber pangan
  6. Penangkap energi yang dipancarkan sinar matahari yang nantinya akan berubah menjadi energi dalam berbagai bentuk. Pohon dapat berubah menjadi fosil yang merupakan bahan baku bahan bakar.
  7. Sumber berbagai plasmanutfah

Dari beberapa fungsi pohon di atas harusnya dapat diketahui dan diimplementasikan untuk selalu memelihara, mempertahankan pohon-pohon yang sudah ada dan terus digalakkan kegiatan menanam pohon jangan asal slogan saja.

Tapi kenyataannya sekarang, penebangan pohon, pembalakan hutan terus merajalela. Ilegal logging terjadi hampir di seluruh belahan nusantara ini. Dan yang sangat dilematis bahwa yang melakukan praktek pembalakan liar adalah para pengusaha kelas kakap yang pasti mengetahui fungsi pohon seperti yang dijelaskan diatas.

4 komentar:

  1. Percaya lah sama bu DOKTOR....hehehehe...
    tapi kalo sekedar gerakan menanam pohon yang dikejar, tanpa menindaklanjuti Pembalak liar dan Perusak semacam Freeport ato Newmont saya rasa sangat ndak "Balance"...lebih besar pasak daripada tiang

    BalasHapus
  2. bujang...dengan kesadaran menanam pohon yg dimiliki setiap penduduk indonesia minimal bisa menggurangi satu masalah diantara ratuasan masalah yg ada dalam bangsa ini...sepakat bro...perusahan asing yg menguras SDA ini perlu diberikan pelajaran supaya jangan cuman bisa ngerampok tapi perlu ada aturan yang ketat supaya ada feedback bagi bangsa tercinta ini..

    BalasHapus
  3. good idea dan smoga yg membaca tulisan ini mendapatkan apa yg seharusnya diaplikasikan oleh bangsa ini.

    BalasHapus
  4. bu ratih.... harapan yang sama...

    BalasHapus

adbrite